Ibnul Qayyim berkata bahwa pandangan mata yang haram akan melahirkan lintasan pikiran, lintasan pikiran melahirkan ide, sedangkan ide memunculkan nafsu, lalu nafsu melahirkan kehendak, kemudian kehendak itu menguat hingga menjadi tekad yang kuat dan biasanya diwujudkan dalam amal perbuatan (zina)

28 January 2008

BERBAKTI PADA ORANG TUA

Oleh: H. Harjianto

Betapa adil dan lurusnya syari’at Islam yang mengajarkan kepada kita akan pentingnya syukur kepada jasa kedua orang tua, sehingga wajib hukumnya bagi ummat untuk selalu berbakti, ta’at dan berbuat baik kepada ibu bapaknya.

Allah SWT telah mensyari’atkan : “Dan Tuhanmu telah menetapkan (sebagai syari’at) bahwa janganlah kamu menyembah melainkan kepadaNya, dan berbuat baiklah kepada ibu bapak.” (Q.S. Al-Isra’ [17] : 23).

Dari Anas bin Malik Rasulullah SAW bersabda : “Siapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dilimpahkan rezekinya, hendaklah ia berbakti kepada kedua ibu bapaknya dan memelihara silaturrahim.” (H.R. Ahmad).

Dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda : “Berbaktilah kepada ibu bapakmu, supaya anak-anakmu berbakti kepadamu, dan peliharalah kebersihan dirimu, supaya isterimu memelihara kebersihannya.” (H.R. At-Thabrani).

No comments:

Post a Comment

Permata Hati-ku