Ibnul Qayyim berkata bahwa pandangan mata yang haram akan melahirkan lintasan pikiran, lintasan pikiran melahirkan ide, sedangkan ide memunculkan nafsu, lalu nafsu melahirkan kehendak, kemudian kehendak itu menguat hingga menjadi tekad yang kuat dan biasanya diwujudkan dalam amal perbuatan (zina)

25 January 2008

BERFIKIR TERBALIK

Sebuah keluarga, berencana mencari seorang Baby Sitter untuk mengurus anak mereka. Maka dari informasi yang didapat mereka mencoba menghubungi sebuah yayasan yang menyalurkan Baby Sitter. Sesungguhnya dari informasi yang dicari tersebut intinya adalah keingintahuan berapa biaya yang dikeluarkan untuk membayar Baby Sitter setiap bulannya. Maka didapatlah informasi bahwa untuk seorang Baby Sitter gaji perbulannya adalah Rp. 800.000,- s.d. Rp. 900.000,- sesuai dengan pengalamannya. Kemudian terjadilah diskusi antara suami dan istri apakah mereka dapat "mengalokasikan dana dari penghasilan bulanan mereka" sementara gaji bulanan selalu pas-pasan.

Dari sekelumit cerita di atas dapat diambil pelajaran bahwa kebanyakan manusia terkekang dengan kondisi yang ada saat ini. Sehingga tidak dapat berfikir kreatif dan inovatif. Seandainya keluarga tersebut berfikir terbalik mungkin pertanyaannya menjadi,
"Apa yang dapat saya lakukan untuk menambah penghasilan saya, sehingga saya dapat membayar seorang Baby Sitter?"

Berfikir terbalik....???
Ya, mungkin ini bisa kita coba dalam setiap permasalahan kehidupan yang kita hadapi. Sehingga kita bisa mencari alternatif-alternatif solusi dan terhindar dari stres dan kebuntuan dalam berfikir.

Berfikir terbalik....???
Ya, tentunya dalam hal-hal positif.

No comments:

Post a Comment

Permata Hati-ku