Ibnul Qayyim berkata bahwa pandangan mata yang haram akan melahirkan lintasan pikiran, lintasan pikiran melahirkan ide, sedangkan ide memunculkan nafsu, lalu nafsu melahirkan kehendak, kemudian kehendak itu menguat hingga menjadi tekad yang kuat dan biasanya diwujudkan dalam amal perbuatan (zina)

26 January 2008

PENDAKI KEHIDUPAN

Seorang guru berkata kepada muridnya, "Seseorang dalam kehidupan ini bagaikan pendaki gunung yang membawa ransel perbekalan dipundaknya, maka pada saat dibutuhkan seorang yang akan mendampingi perjalanannya, dia akan mencari orang yang tepat agar perjalannya menjadi ringan dan sampai pada tempat tujuan".

Sebagai makhluq sosial manusa tidak mungkin untuk hidup seorang diri tanpa bantuan orang lain. Itu semua tentunya tidak terlepas dari ujian hidup yang akan muncul di dunia ini. Akan terasa lega apabila seseorang mengungkapkan segala perasaannya kepada seseorang yang dipercayanya dibandingkan kalau permasalahan itu dipendam sendiri saja.

Tapi perlu diperhatikan juga siapa orang yang kita ajak bicara permasalahan hidup kita tersebut? apakah orang tersebut adalah orang yang tepat untuk membicarakan segala permasalahan hidup yang kita hadapi? Apakah orang tersebut akan memberikan solusi dari setiap permasalahan kita? atau jangan-jangan justru malah menimbulkan masalah baru bagi diri kita? Masalah yang lebih besaaarr.... ooh tidaaakk......!!!

Bagi anda para remaja, pilih teman yang anda sudah kenal karekternya dan tentunya baik akhlaqnya baik kepada sesama manusia terlebih lagi kepada Sang Pencipta.

Bagi anda yang ingin memilih pasangan hidup, kenalilah pribadi calon pasangan hidup anda. Apakah cukup...??? jawabnya: "Belum". Karena anda juga harus meilhat latar belakang keluarganya.

Bagi anda para karyawan, carilah perusahan yang akan memberikan gaji kepada anda dari aliran uang perusahan yang halal. Jangan sampai kita menafkahi keluarga dengan uang yang tidak halal, karena akan mempengaruhi kepribadian keluarga anda.

JADI........
Carilah seseorang atau sesuatu yang dapat meringankan beban "ransel" anda dan tentunya akan membantu anda mencapai CITA-CITA anda.

JANGAN.....
anda mencari orang yang salah, bukan hanya saja meringankan beban "ransel" anda tapi juga meringankan dan menghilangkan tujuan hidup anda.

No comments:

Post a Comment

Permata Hati-ku