Ibnul Qayyim berkata bahwa pandangan mata yang haram akan melahirkan lintasan pikiran, lintasan pikiran melahirkan ide, sedangkan ide memunculkan nafsu, lalu nafsu melahirkan kehendak, kemudian kehendak itu menguat hingga menjadi tekad yang kuat dan biasanya diwujudkan dalam amal perbuatan (zina)

17 February 2008

Akhlaq Rasulullah SAW

Dalam suatu riwayat Rasulullah SAW biasa pergi ke pasar setiap harinya untuk memberi makan dan menyuapi bubur daging kepada seorang Yahudi yang buta kedua matanya, sampai beliau harus mengunyah terlebih dahulu daging yang akan disuapi kemulut Yahudi tersebut. Padahal orang Yahudi tersebut sering menghina dan memaki bahkan saat dia disuapi oleh Rasulullah SAW.

Saat Rasulullah meninggal, Abu Bakar Ash-Shiddiq berusaha untuk melakukan yang biasa dilakukan Rasulullah SAW termasuk memberi makan dan menyuapi orang Yahudi yang ada di pasar. Saat Abu Bakar mulai menyuapi makanan ke mulut Yahudi tersebut, tiba-tiba dia mengeluarkan kembali dan mengatakan “Siapa kamu? Kamu bukan orang yang biasa menyuapi saya, orang yang menyuapi saya biasa mengunyahkan daging yang akan saya makan”.

Mendengar perkataan itu Abu Bakar menangis dan mengatakan kepada Yahudi tersebut bahwa yang biasa menyuapinya adalah Rasulullah SAW dan dia telah meninggal dunia. Mendengar perkataan Abu Bakar, orang Yahudi itu kaget. Ternyata orang yang dia hina dan caci maki adalah yang menyuapinya setiap hari. Maka kemudian Yahudi tersebut masuk Islam.

Bagaimana akhlaq kita ….???
Sudahkah kita berbuat baik …??? Bahkan terhadap orang yang menyakita atau memusuhi kita…???

لقد كان لكم في رسول الله أسوة حسنة
“Sungguh telah ada pada diri Rasulullah suri tauladan yang baik…”

No comments:

Post a Comment

Permata Hati-ku