Ibnul Qayyim berkata bahwa pandangan mata yang haram akan melahirkan lintasan pikiran, lintasan pikiran melahirkan ide, sedangkan ide memunculkan nafsu, lalu nafsu melahirkan kehendak, kemudian kehendak itu menguat hingga menjadi tekad yang kuat dan biasanya diwujudkan dalam amal perbuatan (zina)

19 February 2009

Apa Kabar Pagi Ini?

أصبحنا على فطرة الإسلام وكلمة الإخلاص وعلى دين نبينا محمد وعلى ملة أبينا إبراهيم حنيفا وماكان من المشركين
"Pagi ini kami senantiasa berada dalam fitrah Islam, kalimat yang ikhlash, di atas agama Muhammad dan ajaran Bapak para nabi, yaitu Ibrahim yang lurus. Dan bukanlah kami dalam golongan orang-orang yang Musyrik".


Rasulullah SAW senantiasa mengevaluasi kualitas keimanan sahabatnya dengan menanyakan كيف أصيحتم؟ "Bagaimana keadaan kalian di pagi ini?" Kemudian para sahabat menjawab: أصبحنا في إيمان الله "Pagi ini kami dalam keadaan beriman kepada ALLAH". :L

Perhatian yang luar biasa dari nabi kepada para sahabatnya, yaitu perhatian tentang kondisi mereka. Walaupun Rasulullah menanyakan dengan pertanyaan yang umum, tapi para sahabat menjawab dengan jawaban yang berkaitan dengan kondisi yang akan menentukan kehidupan mereka di akhirat kelak, yaitu keimanan.

Perhatian seperti itulah yang harus selalu kita lakukan sesama muslim dan orang beriman. Perhatian terhadap saudaranya, baik kondisi secara umum terlebih kondisi keimanan. karena Rasulullah bersabda:

المسلم مرءة المسلم
"Muslim itu cermin bagi muslim yang lainnya"


Seperti halnya kaca, maka seorang muslim berkewajiban menegur saudaranya jika melakukan kesalahan dan dosa dalam rangka menjaga kualitas keimanan kepada ALLAH SWT. Tanyakan saudara kita:
• Sudahkah anda shalat?
• Sudahkah anda sedekah hari ini?
• Sudahkah engkau berbuat baik kepada saudaramu?
• dll

والله أعلم بصواب

No comments:

Post a Comment

Permata Hati-ku