Ibnul Qayyim berkata bahwa pandangan mata yang haram akan melahirkan lintasan pikiran, lintasan pikiran melahirkan ide, sedangkan ide memunculkan nafsu, lalu nafsu melahirkan kehendak, kemudian kehendak itu menguat hingga menjadi tekad yang kuat dan biasanya diwujudkan dalam amal perbuatan (zina)

13 February 2009

Penghargaan yang Tulus

Siang yang panas di hari Jum'at saat saya akan pergi shalat Jum'at mengendarai motor. Saat melewati lampu merah arah Blok M, terlihat seorang ibu yang agak bingung akan menyeberang jalan karena beberapa motor berlari kencang di depannya. Sambil mengisyaratkan tangan kanannya agar kenderaan yang lewat di depannya memberi jalan kepadanya untuk menyeberang, si ibu berjalan maju sedikit demi sedikit.

Saat saya akan lewat di depannya dengan refleks sang Ibu mengangkat tangan kanannya mengisyaratkan agar saya memberi jalan kepadanya. Sontak saja saya langsung menginjak rem melambatkan jalan motor dan membiarkan sang Ibu menyeberang jalan. Melihat saya mengerem motor untuk memberikan jalan kepadanya dengan refleks yang cepat sang Ibu memberi isyarat kepada saya dengan jempolnya (tanda OK), kemudian menyeberanglah sang Ibu.

Isyarat sang Ibu dengan jempolnya yang menandakan OK, saya tangkap sebagai penghargaan Ibu kepada saya yang telah mempersilahkannya untuk menyeberang. Sesuatu yang kecil menurut saya, tapi saya yakin sang ibu memiliki sikap positif yang luar biasa. Tidak sungkan memberikan penghargaan sekecil apapun.

Marilah kita selalu menghargai siapapun maka insya ALLAH kitapun akan dihargai.
Hargai dan rayakanlah setiap kebaikan baik yang kita lakukan maupun yang dilakukan oleh orang lain.

No comments:

Post a Comment

Permata Hati-ku