Ibnul Qayyim berkata bahwa pandangan mata yang haram akan melahirkan lintasan pikiran, lintasan pikiran melahirkan ide, sedangkan ide memunculkan nafsu, lalu nafsu melahirkan kehendak, kemudian kehendak itu menguat hingga menjadi tekad yang kuat dan biasanya diwujudkan dalam amal perbuatan (zina)

02 March 2009

Menunda Shalat

Segala puji bagi ALLAH yang telah memberikan ni'am kepada kita. Shalawat dan Salam senantiasa kita ucapkan untuk Rasulullah SAW Qudwah manusia.

Hari Ahad, saat kami ada kegiatan azan zuhur berkumandang. Kami semua masih asik melanjutkan kegiatan di depan laptop masing-masing. Saat jam menunjukkan pk 12.55 acara di break, saya mengingatkan teman2 yang lain untuk melaksnaakan shalat zuhur, namun mereka masih asyik ngobrol masing2. Akhirnya saya tinggalkan mereka untuk melaksanakan shalat zuhur. :)

Selesai shalat saya balik lagi ke atas, ternyata mereka masih saja asik ngobrol. Saya ingatkan kembali untuk shalat zuhur sementara jam menunjukkan pk 14.00 WIB. sampai jam 14.30 saya ingatkan lagi "Mas sudah setengah tiga, belum shlata zuhur kan?" Dengan entengnya teman saya menjawab "Iya, baru setengah tiga... :(" Sampai akhirnya dia melaksanakan shalat pk 14.50 WIB.

Dalam hati saya mengucapkan istighfar "أستغفر الله العظيم" Seperti itukah semangat ibadah kita kepada ALLAH yang telah memberikan banyak ni'mat kepada kita? Seberapa besar syukur kita kepada-NYA? Tidakkah kita menyadari bahwa melalaikan shalat akan menyebabkan kita masuk keneraka Wail

فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ (4) الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ (5)
Artinya: Celakalah mereka yang Shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya. (Al-Maauun: 4-5)


Bahkan Mereka yang tidak mengerjakan shalat telah diancam menempati neraka Saqar


كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ رَهِينَةٌ (38) إِلَّا أَصْحَابَ الْيَمِينِ (39) فِي جَنَّاتٍ يَتَسَاءَلُونَ (40) عَنِ الْمُجْرِمِينَ (41) مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ (42) قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ
Artinya: Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya, kecuali golongan kanan, berada di dalam syurga, mereka bertanya-tanya, tentang (keadaan) orang-orang yang berdosa, "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?"
Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat (Al-Muddatsir: 38-42)



Jadi..... Ayo jangan menunda shalat. Kita harus selalu memperioritaskannya. Jangan sampai shalat kita laksanakan kalau lagi butuh saja. :#

No comments:

Post a Comment

Permata Hati-ku