Ibnul Qayyim berkata bahwa pandangan mata yang haram akan melahirkan lintasan pikiran, lintasan pikiran melahirkan ide, sedangkan ide memunculkan nafsu, lalu nafsu melahirkan kehendak, kemudian kehendak itu menguat hingga menjadi tekad yang kuat dan biasanya diwujudkan dalam amal perbuatan (zina)

01 July 2011

Bulan yang Diharamkan ALLAH SWT


إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره, ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا, من يهده الله فلا مضل له, ومن يضلل فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمداً عبده ورسوله


أللّهُمَّ صَلِّي وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يَتَمَسَّكُوْنَ بِسُنَّتِهِ وَدِيْنِهِ

أمَّا بَعْدُ : فَيَا عِبَادَ اللهِ اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ


قَالَ اللهُ تَعَالىَ فِيْ كِتَابِهِ اْلكَرِيْمِ : إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ


وفي حديث أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا دخل رجب يقول : (( اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان)) رواه الإمام أحمد في مسنده


صدق الله العظيم وصدق الرسول الكريم ونحن علي ذلك من الشاهدين والشاكرين والحمد لله رب العالمين.

Pujian, shalawat dan pesan taqwa.

1.       وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

2.       وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آَمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Jama'ah Jum'at Rahimakumullah.

Dalam ayat 36 surat At-Taubah tersebut yang dimaksud مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ adalah Dzul Qo’dah, Dzul Hijjah, Muharam & Rajab. Dalam hadits muttafaqun’alaih disebutkan:
ثلاثة متواليات ذو القعدة وذو الحجة والمحرم ورجب مضر الذي بين جمادى وشعبان
Atau sebagian ulama dalam tafsir Al-Qurthubi mengistilah­kannya dengan ثلاثةٌ سَرْد وواحدٌ فَرْد (Tiga bulan berturut-turut dan satu bulan sendirian).


Empat bulan ini disebut haram karena dalam bulan tersebut diharamkan  berperang, dan ini adalah ajaran yang telah ada semenjak nabi Ibrohim dan Ismail as.


Dalam buku tafsir dan sejarah diceritakan ketaatan bangsa Arab terhadap ajaran ini, sampai-sampai, seandainya ada seseorang yang bertemu dengan pembunuh orang tuanya, atau saudaranya atau familinya pada bulan2 ini, maka pertemuan ini tidak sampai menggerakkannya untuk melakukan tindakan balas dendam, padahal orang Arab pada zaman itu terkenal sangat pendendam.


Jama'ah Jum'at Rahimakumullah.


Beberapa taujih Rabbani dari ayat tersebut adalah:
1.    فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ
Larangan menzhalimi diri sendiri dalam bulan tersebut khususnya dan pada bulan2 lain pada umumnya.

a.        Qatadah berkata: “Perbuatan zalim di bulan-bulan haram itu lebih besar dosanya daripada perbuatan zalim di bulan-bulan lainnya, sekalipun perbuatan zalim itu di segala keadaan merupakan hal yang besar. Akan tetapi Allah Swt memperbesar di antara urusan-Nya apa saja yang dikehendaki-Nya.

Larangan menzhalimi diri sendiri dalam bulan2 tersebut. Sesungguhnya Allah Swt telah memilih beberapa pilihan dari makhluk ciptaan-Nya. Dari kalangan Malaikat Dia memilih beberapa malaikat utusan, dari manusia Dia memilih rasul-rasul utusan, dari ucapan Dia memilih zikir mengingat-Nya, dari bumi Dia memilih mesjid-mesjid, dari bulan Dia memilih Ramadhan dan bulan-bulan haram, dari hari-hari Dia memilih hari Jum`at dan dari malam Dia memilih malam Lailatul Qadar.

b.       Termasuk menzhalimi diri sendiri yang dilarang ALLAH adalah: tidak melakukan perbuatan baik padahal peluang dan kesempatan terbuka baginya atau melakukan perbuatan buruk walaupun dengan alasan ada peluang dan kesempatan.
2.    وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ
Ma’iyyatuLLAAH (kebersamaan ALLAH SWT)

Jika kaum muslimin terus menjaga, memelihara dan me­ningkatkan ketaqwaan kepada ALLAH, sehingga melekat sifat taqwa pada mereka, maka mereka disebut muttaqiin dan mereka akan mendapatkan Ma’iyatuLLAH.

Yang dimaksud ”kebersamaan” di sini adalah kebersama­an yg bersifat khusus dalam arti ALLAH akan mendukung, membela, dan memberi kemenangan kepada Muttaqin.

Sebagaimaan maiyatullah kepada Musa, Nuh, Muhammad


Jama'ah Jum'at Rahimakumullah.


3.    Momentum melakukan kebaikan dan memperbanyak ibadah.

Para ulama menjelaskan bahwa ditetapkannya bulan Dzul­qo’dah, Dzulhijah, dan Muharram sebagai bulan haram karena adanya momentum ibadah haji.

Sedangkan ditetapkannya bulan Rajab sebagai satu bulan haram karena momentum menyambut bulan suci Ramadhan.
عن أنس رضى الله عنه قال كان رسول الله صلى الله عليه و سلم إذا دخل رجب قال اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان
Inilah kemudian yang menjadi acuan para motivator Barat dalam buku-buku kepribadian, motivasi dan kesuksesan hidup yang mereka tulis menjelaskan bahwa sesuatu itu akan menjadi kebiasaan apabila telah dilakukan selama 90 hari berturut-turut.
بارك الله لي ولكم بالقرآن العظيم، ونفعني وإيَّا كم بالذكرِ الحكيم، واستغفر الله لي ولكم إنَّهُ هو الغفورُ الرحيم
Disampaikan dalam Khutbah Jum'at
1 Juli 2011 M/29 Rajab 1432 H
Masjid Al-Munir Komp. Dep. Agama
Cipete, Jakarta Selatan

No comments:

Post a Comment

Permata Hati-ku