Ibnul Qayyim berkata bahwa pandangan mata yang haram akan melahirkan lintasan pikiran, lintasan pikiran melahirkan ide, sedangkan ide memunculkan nafsu, lalu nafsu melahirkan kehendak, kemudian kehendak itu menguat hingga menjadi tekad yang kuat dan biasanya diwujudkan dalam amal perbuatan (zina)

04 January 2012

Saling Mendo'akan Maka Engkau Akan Beruntung

Semenjak Istri saya pindah kerja ke lokasi yang agak jauh dari tempat tinggal kami sekarang, ada keinginan untuk membeli sebuah rumah yang lebih dekat dengan kantor Istri dan juga kantor saya. Kami survey beberapa perumahan, ternyata SubhanaLLAAH... harganya luar biasa tinggi. Memang kata orang harga properti itu akan naik terus. Apalagi jika dilokasi itu merupakan tempat yang strategis.

Menjadi tantangan bagi kami saat mengambil keputusan untuk membeli rumah baru. Tantangannya adalah harga yang tinggi. Pilihannya: antara menjual rumah yang sekarang di tempati atau mengumpulkan DP unruk rumah baru yang entah dari mana....??? WaLLAAHU A'AlAAM....
Kemudian kami meyakini bahwa ALLAAHU AR-RAZZAAQ WAL GHANIY. 

Teringat hadits Rasulullah SAW:

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ
“Doa seorang muslim untuk saudaranya (sesama muslim) tanpa diketahui olehnya adalah doa mustajabah. Di atas kepalanya (orang yang berdoa) ada malaikat yang telah diutus. Sehingga setiap kali dia mendoakan kebaikan untuk saudaranya, maka malaikat yang diutus tersebut akan mengucapkan, “Amin dan kamu juga akan mendapatkan seperti itu.” 

Saya sampaikan kepada istri: "Say, cari tahu teman-teman yang sedang cari rumah atau akan beli rumah. Do'akan dia selesai sholat tanpa sepengetahuannya, agar dia dipermudah dalam memperoleh rumah yang dinginkannya. Insya ALLAH Malaikat akan mendo'akan kita juga. Kalau Malaikat yang mendo'akan, Insya ALLAH mustajab." 

Mendoakan sesama muslim tanpa sepengatahuan orangnya termasuk dari sunnah hasanah yang telah diamalkan turun-temurun oleh para Nabi -alaihimushshalatu wassalam- dan juga orang-orang saleh yang mengikuti mereka. Mereka senang kalau kaum muslimin mendapatkan kebaikan, sehingga merekapun mendoakan saudaranya di dalam doa mereka tatkala mereka mendoakan diri mereka sendiri. Dan ini di antara sebab terbesar tersebarnya kasih sayang dan kecintaan di antara kaum muslimin, serta menunjukkan kesempuraan iman mereka. Nabi -alaihishshalatu wassalam- bersabda, “Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik)

Karenanya Allah dan Rasul-Nya memotifasi kaum muslimin untuk senantiasa mendoakan saudaranya, sampai-sampai Allah Ta’ala mengutus malaikat yang khusus bertugas untuk meng’amin’kan setiap doa seorang muslim untuk saudaranya dan sebagai balasannya malaikat itupun diperintahkan oleh Allah untuk mendoakan orang yang berdoa tersebut. Berhubung doa malaikat adalah mustajabah, maka kita bisa menyatakan bahwa mendoakan sesama muslim tanpa sepengetahuannya termasuk dari doa-doa mustajabah. Karenanya jika dia mendoakan untuk saudaranya -dan tentu saja doa yang sama akan kembali kepadanya- maka potensi dikabulkannya akan lebih besar dibandingkan dia mendoakan untuk dirinya sendiri.

Hanya saja satu batasan yang disebutkan dalam hadits -agar malaikat meng’amin’kan- adalah saudara kita itu tidak mengetahui kalau kita sedang mendoakan kebaikan untuknya. Jika dia mengetahui bahwa dirinya didoakan maka lahiriah hadits menunjukkan malaikat tidak meng’amin’kan, walaupun tetap saja orang yang berdoa mendapatkan keutamaan karena telah mendoakan saudaranya. Hanya saja kita mendoakannya tanpa sepengetahuannya lebih menjaga keikhlasan dan lebih berpengaruh dalam kasih sayang dan kecintaan.

Mohon Do'a dan bantuannya atas niat saya menjual Rumah sbb:
Lokasi: di Komp. AURI Jln. Jeruk Blok CO-13 Rt. 002 Rw. 013 Kel. Jatisari Kec Jatiasih;
LT/LB: 120 m2/50 m2;
Spesifikasi: - 2 Kamar Tidur - ruang Tamu - Kamar Mandi - Dapur - Gudang - Listrik 1300 W - SHM, IMB, PBB - Keamanan 24 Jam - Air tanah bagus (bisa di minum) - Akses Tol Cibubur dan JORR - Yang pasti Bebas Banjir;
CP: Dede (0811 8700 426/0812 8564 860)

Sumber Bacaan: http://al-atsariyyah.com

No comments:

Post a Comment

Permata Hati-ku